Kimono Dragg In

Saling Berbagi Informasi Dalam Dan Luar Negeri

Pemprov NTT akan Melegalkan Penjualan Miras Tradisional Sopi

Sopi merupakan sebuah nama dari minuman alkohol tradisional yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu hasil budaya yang digunakan dalam setiap ritual yang diadakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur, pemerintah provinsi NTT mempunyai niat untuk melegalkan penjualan minuman keras (miras) tersebut.Wacana untuk melegalkan penjualan sopi ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi NTT untuk melestarikan budaya lokal sekaligus untuk meningkatkan aktivitas ekonomi di dalamnya.

Produk miras pertama yang disokong penuh oleh pemerintah

Wacana pemerintah daerah NTT ini untuk melegalkan penjualan sopi didasarkan dari masifnya jual-beli minuman keras tradisional tersebut di daerah mereka.Sopi yang merupakan minuman keras yang banyak digunakan sebagai sajian dalam ritual adat masyarakat setempat mempunyai peluang yang baik jika dimanfaatkan dengan baik.Hal tersebut yang kemudian mendorong pemerintah daerah untuk melegalkan penjualan miras tradisional tersebut.

Selain itu, Marius Jelamu yang merupakan juru bicara Pemprov NTT juga mengungkapkan jika selama ini pengolahan dan produksi sopi tidak menggunakan standar kualitas baku. Sehingga kandungan yang dihasilkan dari sopi tidak dapat diketahui secara pasti. Hal tersebut tentunya akan membuat angka kematian akibat minuman keras menjadi lebih banyak terjadi.

Marius juga menyatakan bahwa sopi digunakan dalam setiap pesta yang terdapat di masyarakat NTT.Pesta yang dilakukan sebagai ritual adat, kelahiran, kematian, perkawinan dan sebagai banyak menyuguhkan sopi sebagai minuman mereka.Hal tersebut menurut Marius sudah melekat dalam budaya dan tradisi masyarakat kawasan NTT.

Wacana pemerintah daerah untuk melegalkan penjualan miras ini juga usaha untuk mengatur penjualan minuman sopi agar tidak berkembang secara liar.Sebab dilihat dari konsumsi sopi yang terdapat dalam masyarakat NTT, dengan membuat pelegalan terhadap penjualan miras tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Pasalnya, dengan diberlakukannya pelegalan terhadap penjualan miras bursa togel terpercaya ini, maka harga yang berkembang di masyarakat akan cenderung sama dan membuat penjual tidak saling saingan dalam melakukan penjualan.

Rencana untuk melakukan pelegalan penjualan sopi ini juga dilakukan dengan memulai kajian terhadap formula produksi sopi terbaik yang dilakukan di Universitas Nusa Cendana, Kupang.Pemerintah daerah ini juga telah menunjuk salah satu perusahaan swasta, PT NAM Nasional sebagai distributornya. Selain itu, dengan melakukan pelegalan terhadap penjualan miras tersebut, pemerintah daerah NTT juga mengharapkan produksi sopi suatu saat akan dapat setara dengan sake yang berasal dari negara Jepang.

Menciptakan miras yang melewati uji kelayakan BPOM

Pemprov NTT mengungkapkan bahwa dengan melegalkan penjualan minuman keras tradisional tersebut akan dapat mencegah kematian missal akibat konsumsimiras oplosan. Hal tersebut diungkapkan karena dengan melegalkan penjualan minuman beralkohol tradisional tersebut, maka dalam produksinya akan melewati uji kelayakan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pernyataan pemerintah daerah NTT tersebut juga dibenarkan oleh MercytaJorsvinna yang merupakan peneliti di Center fror Indonesian Policy Studies (CIPS).Menurutnya, minuman keras yang mendapatkan verifikasi legal dari pemerintah sudah terdapat kajian kesehatan di dalamnya.Hal tersebut karena bahan produksi minuman keras tersebut telah diuji dan mempunyai risiko kematian yang lebih rendah.

Terdapat aturan terkait batas konsumsi

Meskipun demikian, tentunya konsumsi minuman keras perlu dilakukan agar tidak terjadi konsumsi yang berlebihan.Mercyta menyebutkan bahwa pengawasan terhadap konsumsi minuman keras perlu dilakukan dengan sifat yang umum dan dilakukan di setiap daerah dengan tingkat pengawasan yang sama. Hal tersebut juga dibenarkan oleh pemprov NTT yang mengklaim akan menerbitkan peraturan mengenai konsumsi sopi. Pemerintah daerah ini menyebutkan jika peraturan di dalamnya akan berisi mengenai batas usia konsumsi dan batas banyak konsumsi sopi.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.